Cara Menyimpan Tenda Yang Baik dan Benar

Tenda yang sudah digunakan setelah kegiatan kemah atau naik gunung biasanya akan disimpan di gudang atau tempat penyimpanan khusus. Tempat penyimpanan dan cara penyimpanan yang salah akan membuat tenda cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
Sebelum menyimpan tenda sebaiknya perlumemperhatikan bagian-bagian dalam tenda, seperti frame dan tendanya itu sendiri apakah ada bagian yang perlu dibetulkan, atau bahkan ada yang perlu dijahit karena sobek atau yang lainnya.
Berikut ini cara menyimpan tenda yang baik dan benar :  

  1. Lipat tanpa menekan. Cara melipat tenda tentu harus sesuai dengan ukuran dan cara melipatnya. Selain itu saat melipat tenda sebaiknya jangan terlalu ditekan terutama saat dimasukkan ke dalam carrier atau kantungnya. Melipat tenda tanpa tekanan akan membuat bahan tenda tidak mudah tertekuk dan tenda akan lebih awet.
  2. Pastikan frame dan pasak dalam kondisi bersih. Sebelum dimasukkan ke dalam kantung atau carrier sebaiknya frame dan pasak dalam kondisi bersih dan kering. Hal tersebut untuk menghindari frame dan pasak berkarat.
  3. Rentangkan Frame. Untuk menyimpan frame tenda dalam jangka waktu yang lama, rentangkan frame hingga tidak ada bagian yang tertekuk. Letakkan dengan posisi horizontal agar tidak melengkung. Cara ini bertujuan untuk menjaga kekencangan tali di dalam frame, ketika tali ini kendur maka akan merepotkan anda ketika anda mendirikan tenda.
  4. Simpan tenda di tempat kering. Agar tenda, frame dan pasak tidak cepat rusak sebaiknya disimpan di tempat yang kering. Selain itu untuk menghindari tenda terkena jamur yang membuat tenda tersebut cepat rusak.


Itulah beberapa tips cara menyimpan tenda yang baik dan benar. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki tenda agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Share Cara Menyimpan Tenda Yang Baik dan Benar via